Kamis, 28 Mei 2015

Rencana pelaksanaan pembelajaran



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan      :  SMP
Mata Pelajaran :  IPS Terpadu
Kelas / Semester          :  VII / I
Topik                           : Dinamika Interaksi Manusia
Sub topik                     : Interaksi Manusia dengan Lingkungan Sosial
Pertemuan ke              : 1 (satu)
Alokasi Waktu            : 1 x 15 Menit (1x pertemuan)

A.  KOMPETENSI INTI  ( KI )
KI 1       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut
KI 2       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,   peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3       Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4       Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (membaca, menulis, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  KOMPETENSI DASAR ( KD )
1.1  Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
1.2  Menghargai ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.
1.3  Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu-Budha dan islam dalam kehidupannya sekarang.
2.1  Menunjukan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik.
2.2  Menunjukan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.
2.3  Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
        
C.  INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·         Mendeskripsikan interaksi manusia dengan lingkungan sosial.

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pembelajaran ini adalah:
a.       Menjelaskan hakekat interaksi manusia dengan lingkungan sosial.
b.      Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.

E.  MATERI PEMBELAJARAN
·         Hakekat interaksi manusia dengan lingkungan sosial
Interaksi manusia adalah suatu proses berhubungan dan saling memengaruhi antara manusia, baik secara individu , kelompok, dan antara individu dengan kelompok. Interaksi social terbagi menjadi dua, yaitu interaksi social secara langsung (dapat dilakukan dengan tatap mukalangsung) dan interaksi social secara tidak langsung (melalui sarana komunikasi).
Lingkungan sosial adalah tempat dimana masyarakat saling berinteraksi dan melakukan sesuatu secara bersama-sama antar sesama maupun dengan lingkungannya. 



F.   METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan     : Sainstifik.
2.      Metode            : Tanya jawab, kartu berisi soal dan jawaban, Make a Mach.
3.      Model              : Kooperatif Card Sort.

G. SUMBER BELAJAR
Alat                                  : Power point, LCD, kertas warna, spidol
Bahan/sumber ajar            :  Buku siswa dan buku guru kelas VII SMP/MTs.
Kemdikbud. 2014. Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi. Pusat Kurikulum dan pembukuan, Balitbang, Kemdikbud. Jakarta.

H.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
1.     Persiapan psikis dan fisik dengan membuka pelajaran dengan  mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.     Menyampaikan secara singkat materi yang akan di sajikan selama pembelajaran.
3 Menit
Inti
1.      Membagi siswa dalam dua kelompok.
2.      Guru membuat permainan memakai kartu dengan kertas yang berwarna,  lembar kertas berisi soal, dan lembar kertas lain berisi jawaban yang telah disediakan oleh guru sebelumnya.
3.      Guru memberikan 18 kartu kepada kelompok pertanyaan dan kelompok jawaban.
4.      Guru memberikan instrument kepada peserta didik untuk mencari pasangan kartu yang mereka miliki. Dan segera memisahkan diri bagi yang sudah menemukan pasangannya.
5.       Bagi siswa yang dapat menemukan pasangan lebih cepat, dan bisa menjawab pertanyaan dari temannya yang di tunjuk oleh guru untuk membacakan pertanyaan atau jawaban tersebut.
6.      guru akan memberikan reword dan point tambahan.
10 Menit
Penutup
1.      Guru dan siswa membuat kesimpulan materi
2.      Refleksi: peserta didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya: apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
3.      Guru menutup kegiatan pembelajaran dan diakhiri dengan doa bersama.

2 Menit


15 Menit

I.     PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.      Teknik Penilaian          : instrument penilaian evaluasi
2.      Prosedur Penilaian     
No
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Sikap
·         Menunjukkan keaktifan dalam pembelajaran interaksi manusia dengan lingkungan sosial.
·         Bekerja sama dalam kegiatan belajar.
·         Menunjukan sikap toleransi terhadap perbedaan dalam pemecahan masalah.
Pengamatan.
Selama proses pembelajaran.
2
Pengetahuan
·         Mengetahui hakekat interaksi manusia dengan lingkungan sosial.
Pengamatan.
Menjawab pertanyaan.
3
Keterampilan
·         Terampil dalam berinteraksi.
Pengamatan.
Saat berinteraksi dengan temannya.

Instrumen Penilaian Sikap
No
Nama Peserta Didik
Perkembangan Prilaku
Aktif
Kerjasama
Teliti
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1













2













3













  4













Catatan :
SB = Sangat Baik                   C= Cukup
B= Baik                                   K= Kurang

Rubrik Penilaian Evaluasi
No
Nama Siswa
Aspek
Jumlah scor
Nilai
Ket
1
2
3
4
5
1









2









3









4



















Keterangan :
1.      Kerja Sama
2.      Bertanya
3.      Menjawab
4.      Etika Berbicara
5.      Kedisiplinan

Keterangan Skor :
                                    Kriteria Nilai
Baik Sekali      = 4                                           A= 80 - 10       : Baik Sekali
Baik                 = 3                                           B= 70 -  79      : Baik  
Cukup             = 2                                           C= 60 – 69      : Cukup
Kurang                        = 1                                           D= < 60           : Kurang

              Skor perolehan
Nilai  = ------------------- X 100
              Skor Maksimal










Mengetahui,                                                                            Cirebon, 20 Oktober 2014
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mapel IPS




(……………………)                                                              ( Masyrifah )
NIP ……………….                                                               NIM 1413141022

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus